MENGAPA STRAWBERRY DISEBUT STRAWBERRY, PADAHAL BUKAN BERRY?

 

Mengapa strawberry disebut strawberry, padahal bukan berry?
Mengapa strawberry disebut strawberry, padahal bukan berry?

Doubtless God could have made a better berry, but doubtless God never did. - William Butler-

Hi guys, let's discuss. 

Jadi, Jeda sebetulnya sudah lama bingung sama penamaan strawberry yang sangat aneh karena dia bahkan bukan bagian dari keluarga beri. Terlebih kalau lihat dari namanya, bentukannya bahkan nggak kaya sedotan (straw). Ini siapa sih yang ngasih nama dan asal usulnya gimana bisa jadi begini?

Akhirnya malam ini berhasil mengalahkan rasa malas dan googling soal masalah satu ini.

Kenapa Jeda kepikiran? Karena strawberry bahkan nggak masuk kategori buah-buahan. Menurut wikipedia, strawberry ini masuk dalam suku mawar-mawaran alias famili Rosacease dan masuk dalam kategori sub-famili Rosoideae. 

Menurut Ensiklopedia Brittanica, dalam ilmu tumbuh-tumbuhan, buah yang bisa dikategorikan sebagai berry adalah buah yang berair, daging buahnya tebal, dan punya banyak biji. Secara taksonomi, berry ini bisa digolongkan dalam beberapa golongan, cari aja sendiri yak. 

Lalu buah apakah yang masuk kategori berry menurut ilmu tumbuh-tumbuhan? contohnya adalah pisang, semangka, timun, delima, anggur, blueberry, cranberry, etc, yang jelas bukan strawberry. 


MENGAPA STRAWBERRY DISEBUT STRAWBERRY?

Walaupun belum jelas kenapa, tapi Universitas Missouri bikin artikel yang judulnya begini: "Strawberry: A brief History."

Nah, menurut artikel tersebut, sebetulnya strawberry yang kita makan itu bukan buah, tapi wadah bunga, kalau dalam bahasa inggris tuh receptacle alias tempat bunga nempel, karena bukan anak biologi Jeda nggak tahu bahasa ilmiah receptacle dalam bahasa indonesia, ada yang tahu nggak?

Lucunya, bagian yang putih-putih nempel di buah strawberry, yang selama ini kita pikir bijinya, ternyata bukan biji gengs, yang putih-putih itu justru buahnya. Dalam bahasa inggris disebut achenes, kalau dalam bahasa indonesia disebut dengan buah kurung. Nah, di dalam "buah" itu ada biji kecil-kecil lagi. 

Menurut artikel tersebut, banyak orang berasumsi (ga tahu juga siapa orang yang berasumsi ini) strawberry disebut strawberry karena pada saat musim dingin tanamannya ditutup sama straw, bukan sedotan, tapi jerami. Tapi nih tapi, masih nggak jelas juga itu ngapa disebut strawberry dan bukan strawrose atau sebagainya. Ga ada penjelasannya. Hue..

Kalau kalian tahu kenapa dia disebut berry, tolong kasih tahu Jeda, biar bisa tidur tenang nih. 

Dahlah segitu aja dulu, capek. Bye guys.. Luv ya, keep kewl and gawl. 

Fun Fact: William Butler is not even a butler, he's a writer. Well this is the most mind blowing thread i've ever made lol. 

You Might Also Like

0 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"