JANGAN MENYERAH, KAMU BERHARGA, TERIMAKASIH SUDAH BERTAHAN

Jangan menyerah, kamu berharga. Pict credit to: The Thaos News. 


Hai, tanggal 10 september merupakan hari pencegahan bunuh diri sedunia. Dua tahun lalu, Jendela Eva pernah menulis mengenai laporan tentang banyaknya angka percobaan bunuh diri (baca : Pernahkah kalian berpikir untuk bunuh diri?).

Sebegitu banyak kasus, namun kesadaran mengenai masalah kesehatan mental masih sangat minim, terutama di Indonesia.

Mengapa Depresi Sulit Untuk Dimengerti


It's hard to answer question, 'what is wrong?', when nothing is right.  - Quotes time
Depresi memang sulit untuk dimengerti. Kita bisa terlihat bahagia, tapi didalam terasa hancur. Kita bisa berada di keramaian, tapi merasa sepi. Kita bisa terlihat jadi orang yang sangat peduli pada orang lain, tapi putus asa untuk bisa menolong diri sendiri.

Bukan hanya untuk orang lain, depresi bahkan mungkin sulit dimengerti oleh penderita. Seringkali mereka tidak tahu dari mana semua ini berawal dan apa penyebabnya, sejak kapan dan mengapa sering merasa kosong, sampai pada akhirnya merasa sangat putus asa.

Seperti orang yang memiliki kesadaran saat mabuk.

Sedikit Cerita Untukmu

Pict credit to Claudiatremblay.com
But in the end one needs more courage to live than to kill himself. - Albert Camus, A happy death 

Saat ini kamu mungkin sedang bersama dengan teman-teman, bercerita, dan tertawa. Mungkin saat ini kamu berada di kantor, sekolah, jalan, atau bahkan sedang menikmati pemandangan alam. Mungkin disaat yang bersamaan kamu terlihat senang, tapi merasa sudah sangat putus asa.

Tidak apa jika ingin menangis sesaat setelah kamu tertawa. Tidak apa jika mengatakan bahwa dirimu sedang tidak baik-baik aja. Tidak apa jika ingin sendiri dalam diam. Tapi ingat, orang yang menyayangimu akan selalu peduli dan tahu tentang apa yang kamu rasakan, tapi terlalu takut untuk bertanya, takut bahwa kamu tidak siap untuk bercerita. Maka saat kamu siap, ceritakanlah.

Semua orang tahu bahwa kematian sama menakutkannya bagimu, pun tahu bahwa yang kamu inginkan bukanlah bahagia, namun merasa normal, seperti sedia kala. Maka jika saat ini kamu memiliki pemikiran untuk bunuh diri, jangan lakukan dan bertahanlah, semua akan baik-baik saja pada akhirnya.

Kita bisa menghadapi masalahmu bersama, mengurai benang kusut yang terlihat tidak mungkin terurai. Tapi semua bisa dihadapi. Jika terlalu berat maka berbagilah dan jika kamu siap kita bisa membuat janji temu dengan psikolog atau psikiater hingga kamu merasa baik-baik saja.

Kata yang Tak Pernah Terucap


I know you are sad, so i simply wont tell you 'have a good day.' Instead, i advise you to simply, 'have a day.' Stay alive, feed yourself well, wear comfortable clothes, and don't give up on yourself if just yet. It will be better soon, untill then, have a day. - unknown 
Maaf karena terkadang gengsi menggerogoti jiwa, tapi ada beberapa kata yang mungkin seharusnya diucapkan sejak dulu. Sejak kamu terus menghindar untuk bertemu. Sejak diam jadi temanmu. Sejak tawa sedikit demi sedikit hilang dari wajahmu.

Maaf karena telat menyadari semua itu. Kamu tahu kan bahwa dirimu sangat berharga bagi kami. Bahwa sedihmu merupakan sedih bagi kami dan sakit yang diam-diam Kamu sembunyikan menjadi luka dalam hati kami juga.

Kami tahu mungkin permintaan ini berat, tapi tolong jangan menyerah karena Kamu sangat berharga. Terimakasih karena sudah bertahan hingga sejauh ini. Tetap berjuang, karena kami selalu ada disini, kapanpun, menunggu hingga Kamu siap berbagi dan bercerita. Menemani, hingga kamu baik-baik saja.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Nih, tulisan terlarang untuk pembaca tipe plegmatis.

    ReplyDelete
  2. Sebelumnya, saya baca kasus bundir yang alumni ITB itu. Depresi memang menakutkan, ya. Semoga kita bisa saling support dan memberi semangat

    ReplyDelete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"