5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT AKAN MENYEWA KAMAR KOS

5 hal penting yang harus diperhatikan saat memilih kos. Pict credit to vejasp.abril.com.br  
Untuk anakku yang sedang ngekos, mamak kirimkan indomie dan beras untuk bertahan hidup. Tolong jangan boros ya Nak! Kalau ada datang temanmu, sembunyikan indomiemu biar tidak cepat habis Nak. ~ Dari mamak di kampung ~

Hai, kali ini gue mau bahas tentang tips mencari kos. Sebetulnya, awalnya mau buat tulisan tentang pengalaman buruk mencari kos lewat aplikasi. Yup, lagi booming kan? sekarang cari kos semudah mencari hotel, tapi impresi gue sorry to say.. meh.. 

Tapi berhubung gue orangnya positif  jadi mari kita bahas pro tips dalam mencari kos. Tips ini mungkin bakal berguna bagi mahasiswa baru atau orang yang baru merantau dan butuh kosan. Oh ya, semua yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, jadi kalau kalian mau tambahin boleh kok!

1. Ketersediaan Air Bersih 


Jangankan untuk anak kos, kalau kita punya rumah atau bahkan tinggal dimanapun, ketersediaana ir bersih itu sangat penting. Permasalahannya, nggak semua lokasi dan tempat punya persediaan air bersih yang melimpah.

Ada satu pengalaman soal air bersih. Tempat kos waktu itu menggunakan air sumur sebagai sumber airnya. Jadi saat kemarau panjang, terkadang air untuk beberapa saat tidak keluar dan bahkan kotor. Waktu itu ada kelas pagi dan kebetulan air nggak keluar untuk beberapa jam. Akhirnya cuma cuci muka dan gosok gigi pakai air galon.

Jadi sebelum memutuskan untuk menyewa kos, baiknya tanyakan kepada pengelola soal air. Tapi ya, mandi juga nggak usah sering-sering kan? hemat air dan sayangi lingkungan. Haha..

2. Kebersihan Kamar Mandi

Perhatikan kondisi dan kebersihan kamar mandi saat mencari kos. Pitc credit to gambaranimasi.org

Yup, kamar mandi yang bersih nggak kalah penting. Kebersihan kamar mandi harus terjaga karena bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh. Selain mengundang penyakit, kamar mandi yang kotor juga mengundang banyak serangga seperti semut, kecoa, bahkan kelabang.

Ada beberapa tips nih untuk memilih kos dengan kamar mandi yang bersih.

Saat melihat-lihat kandidat calon kosan, baiknya minta pengelola untuk memperlihatkan kamar mandi. Jika kos tersebut memiliki kamar mandi luar dan terlihat bersih, biasanya para penghuni dan pengelolanya juga peduli pada kebersihan.

Untuk kamu yang enggan berurusan dengan serangga, sebaiknya pilih kamar yang jauh dari penampungan pembuangan air dan jika kos tersebut ada beberapa lantai, pilihlah lantai atas.

Jika kos kamu memiliki kamar mandi luar, jangan lupa tanyakan juga soal pengelolaan kebersihan kamar mandi, apakah kebersihan kamar mandi menjadi tanggung jawab penyewa atau pengelola kos.

3. Listrik, Lampu, Gas dan Fasilitas Kos

You will never always be motivated so you must learn to be diciplined - unknown -

Listrik, lampu, gas dan fasilitas kos juga nggak kalah penting untuk ditanyakan.

Setiap kos memiliki sistem pembayaran listrik yang berbeda-beda. Saat ini mungkin sudah banyak kamar kos yang memiliki meteran listrik masing-masing, tapi masih banyak juga yang belum. Biasanya untuk kos yang tidak memiliki meteran listrik di masing-masing kamar, menetapkan biaya listrik dengan cara memberi charge per item alat elektronik yang dibawa.

Kamu juga bisa tanyakan soal iuran gas jika memang kos menyediakan dapur bersama.

Selain listrik dan gas, setiap kamar kos tentunya disediakan lampu. Nah, agar tidak bingung sewaktu-waktu lampu kamar mati, tanyakan terlebih dahulu kepada pengelola soal lampu, karena ada kos yang memang membebankan biaya lampu kepada penyewa dan ada juga yang menjadi beban pengelola.

Oh ya, jangan lupa tanyakan soal fasilitas kos, karena ada kos yang menyediakan jasa laundry, ada yang sudah menyediakan ember, gayung, kipas, tv, jemuran handuk, galon, atau bahkan rak sepatu. Dengan begitu kamu jadi bisa melakukan estimasi pengeluaran dan kebutuhan apa saja yang belum disediakan dan harus kamu beli selama tinggal di kos tersebut.

4. Lokasi

Saat mencari kandidat tempat kos untuk ditinggali, jangan lupa bertanya soal seberapa dekat tempat kos ke tempat kerjamu atau kampus, pasar, atm, rumah sakit, klinik, atau bahkan adakah jalan pintas yang dapat diakses untuk menjangkau tempat-tempat tersebut.

Menurut gue, salah satu poin paling vital dari lokasi adalah seberapa dekat akses kos ke klinik atau rumah sakit. Jadi sewaktu-waktu kita sakit bahkan harus rawat inap, kita tidak perlu bingung dan jauh-jauh mencari tempat tersebut.

5. Jam Malam (Jamal)

Tugas kita bukan untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena dalam mencoba kita menemukan menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil - Hamka -  
Bagi kamu yang punya segudang aktivitas dan diharuskan pulang larut. Tentu aja jam malam jadi pertimbangan, karena sangat banyak kos yang memiliki aturan jam malam.

Saat mencari tempat kos, tanyakan aturan di kos pada pengelola. Jadi kita sebagai penyewa bisa berperilaku sesuai dengan aturan dan tidak menyusahkan pengelola. Hal ini penting, karena ya namanya tinggal satu atap dengan berbagai orang tentu saja kita mengharapkan keadaan yang kondusif dan minim konflik kan?


***

Sepertinya lima poin itu jadi poin penting bagi gue saat memilih tempat kos, kalau menurut kalian gimana, apa yang paling penting dan harus diperhatikan saat akan menyewa kamar kos? Share di kolom komentar ya!

You Might Also Like

1 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"