Kisah Kelam Dibalik Cerita Sleeping Beauty Disney

Ilustrasi sleeping beauty


Jadi sebetulnya banyak web blog bahkan youtuber yang sudah bahas soal misteri cerita sleeping beauty. Diawali dengan cerita-cerita fairytale-nya Grimm Brothers yang diadopsi Disney yang ternyata terinspirasi dari cerita "anak" versi penulis lain yang super duper kelam? 

Kenapa ikut-ikutan bahas? soalnya menarik. Ini semacam menguak misteri kelam dibalik cerita indah Disney. Selama ini cuma baca-baca dari kolom komentar youtube dan mikir versi Grimm Brothers adalah cerita versi dark-nya, dan ternyata bukan!

Oke disini kita cuma bakal bahas TIGA versi cerita sleeping beauty. Pertama dari Grimm Brothers dengan judul Sleeping Beauty, ini cerita yang diadopsi Disney. Kedua adalah cerita dari Giambatista Basile dengan judul Sun, Moon, and Talia (Judul asli: Sole, Luna, e Talia). Ketiga adalah dari Charles Perrault dengan judul Sleeping Beauty in The Woods (judul asli: La Belle au Bois Dormant)

Cerita yang paling tua adalah Sleeping Beauty versi Basile (published-1644), disusul oleh Perrault (Published-1889), dan terakhir dari Brothers (published-1917).

Dari semua cerita Sleeping Beauty diatas yang paling familiar tentu aja versi Brothers karena selain sudah dimodifikasi agar ramah untuk anak-anak, cerita versi Brothers ini juga dijadikan script untuk naskah Sleeping Beauty-nya Disney.

Illustration for fairy. Pict credit to lorenjavier flickr
Prolog Brothers dan Perrault ini nyaris sama! tingkat kemiripannya 70% lah, cerita bahwa seorang Raja memiliki anak yang dikutuk oleh peri jahat dan menyebabkan dia tidur selama seratus tahun (prolognya fairytale banget!). 

Beda sama versi Basile, karena dalam cerita versinya Basile ini bukan peri tapi seorang bijak yang mengatakan Putri Raja akan terancam bahaya besar karena terkena semacam flex (semacam benda tajam). Nggak dijelasin dalam prolog kapan Sleeping Beauty bakal terkena jarum dan hal macam apa yang akan menimpa sang putri jika terkena benda tajam tersebut.

Untuk prolog ya gitu-gitu aja. Perbedaan yang pasti adalah prolog versi Basile lebih logis tanpa melibatkan peri lucu (walaupun di klimaks cerita si peri tiba-tiba muncul).

Sleeping Beauty Versi Mana yang Paling Menarik??


Oke, kita bisa memutuskan mana yang menarik dan enggak saat udah mencapai klimaks atau puncak cerita. Kita nggak akan bahas versi Brothers karena ceritanya terlalu flat terutama buat kita-kita yang haus akan hal-hal menyeramkan dan memacu adrenalin. Haha!

Mengerucut ke klimaks cerita Basile dan Perrault aja ya!  Jadi apa yang bikin menarik dari dua versi diatas itu?

Dalam versi Basile pas klimaks Pangerannya Sleeping Beauty akan memakan anaknya sendiri!
Sedangkan versi Perrault klimaksnya adalah Sleeping Beauty dan Anaknya akan dimakan oleh Ibu Mertua-nya yang ternyata suka makan anak kecil (?)

Lanjutan cerita lengkap dua versi itu dipisah dalam dua post berbeda ya! 

Sleeping Beauty versi Perrault dan Mertua Kanibal 

Sumber:

You Might Also Like

0 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"