Sleeping Beauty Versi Basile dan Raja yang Memakan Anaknya

Ilustrasi Sleeping Beauty versi Basile. Pict credit to pic.women
Melanjutkan cerita sebelumnya, disini akan membahas betapa kelamnya cerita sleeping beauty versi Basile (1644). 

Biar nggak bingung kita balik dulu ke judul cerita original Sleeping Beauty versi Basile yaitu, "Sun, Moon, and Talia." Siapakah mereka? jadi Talia ini adalah nama Putri Tidur di cerita versi Basile, sedangkan Sun dan Moon adalah nama anak Talia. (Lah Tidur kok beranak?!) 

Ilustrasi nenek yang lagi melakukan spinning. Pict credit to wikipedia

Balik lagi, jadi di puncak cerita Talia (Putri Tidur) ini terkena spindle saat bersama nenek-nenek yang sedang spinning (bahasa indonesianya apa ini! hiks). Sesaat setelah terkena alat tajam tersebut Talia nggak sadarkan diri. Si Nenek panik dan mencari bantuan tapi Talia nggak tertolong dan membuat seluruh kerajaan sedih. 

kemudian...
...left the dead Talia seated on a velvet chair under an embroidered canopy in the palace, which was in the middle of a wood. 

Apa yang Terjadi Saat Talia yang Malang Tertidur?


Bertahun-tahun kemudian, ada Raja yang sudah beristri berburu ke hutan singkat cerita menemukan Talia yang terduduk. Karena Talia ini cantik banget dan lovely si Raja awalnya cuma memindahkan Talia ke tempat tidur disamping tempat duduknya, namun kemudian si Raja khilaf. 

Banyak orang yang bilang kalau Raja ini melakukan tindak asusila ke Talia. Di cerita sih nggak dijelasin detil, dibilang sama-sama seneng ya nggak karena Talia kondisinya lagi tidur dan nggak bisa menolak apalagi melawan, tapi dibilang kasus perk*saan juga aneh. (Kenapa aneh? Yuk lanjut baca!)

Setelah Raja menghabiskan beberapa waktu bersama Talia, si Raja pulang ke kerajaannya dan sempat lupa kalau dia pernah punya affair. Disaat yang sama, Talia melahirkan dua anak laki-laki hasil perbuatan raja yang kemudian diberi nama Sun dan Moon. 

They were looked after by two fairies, who had appeared in the palace, and who put the babies to their mother's breast...

Ga dijelasin gimana cara anaknya brojol, yang jelas dari cerita diatas si anak bertahan hidup dengan bantuan peri yang emang tinggal ditempat Talia tinggal. 

Singkat cerita salah satu anak lapar, alih-alih minum susu mulut mungilnya nyasar ke jari dimana Talia tertusuk. Si bayi menyedot jari Talia dengan kencang dan akhirnya mengeluarkan serpihan jarum dari jari tersebut, yang ternyata menjadi penyebab Talia tertidur lama.

Seketika Talia sadarkan diri dengan dua anak disampingnya. Talia ngerasa bingung dan nggak tahu apa yang tejadi, TAPI ajaibnya dia langsung menyusui dua anaknya tersebut.

Ilustrasi gambar. Pict Credit sevendaystv

Istri Raja yang Cemburu dan Raja yang Memakan Anak Talia? 


Beberapa waktu kemudian (mungkin sekitar 18 bulan sampai 2 tahun kemudian, karena di cerita nggak dijelasin) si Raja kembali ke hutan tersebut dan tiba-tiba teringat Talia. (Rawrr!)

Akhirnya Raja yang sudah beristri tersebut mengunjungi Talia dan kaget melihat dua anak kecil tapi tahu kalau itu anaknya. Raja-pun lagi-lagi menghabiskan beberapa hari bersama Talia dan anaknya dengan suka cita. (Inilah kenapa kalau dibilang si Raja melakukan tindak asusila ke Talia juga aneh)

Si Raja berjanji ke Talia akan membawa dia dan anaknya ke kerajaan dan kemudian si Raja kembali ke istrinya.

Walaupun banyak orang yang mention part terseram adalah saat Talia mendapat tindak asusila dari Raja, tapi sebetulnya part terseram adalah ini.

Di kerajaan, si Raja selalu bergumam dan mengigau menyebut nama Talia, Moon, dan Sun. Si Ratu yang curiga Rajanya punya simpanan akhirnya marah besar dan meminta sekretarir kerajaan untuk mengambil Moon dan Sun untuk dimasak dan dihidangkan ke raja, dengan dalih si Raja ingin bertemu dua anaknya. 

Si kokipun dengan berat hati masak, dagingnya dijadikan 100 jenis hidangan dan disajikan langsung ke Raja.

Saat Raja makan, Ratu selalu bilang ,"Eat away, you are eating what is your own."  
Si Raja menjawab, "I know very well i eat what is my own." 

Selanjutnya si Ratu juga minta Sekretaris Kerajaan membawa Talia  ke kerajaan untuk dibakar hidup-hidup, lagi-lagi dengan dalih si Raja ingin bertemu Talia. Akhirnya Talia berhasil dibawa ke istana dan...

Dan akhirnya? 
Spoiler ya, Talia dan anaknya selamat! Tebak gimana caranya?!



Sumber:

You Might Also Like

0 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"