HAL-HAL YANG CUMA DIALAMI ANAK KOST SAAT RAMADHAN

Hal-hal yang cuma dialami anak kos saat ramadhan. Pict credit to yourbanize.com

Aku diam bukan karena takut, bukan karena menyerah, bukan karena mengalah, bukan karena lelah. Aku diam karena aku lapar. -dari yang merasa lapar-


Hai, gimana kabarnya dan gimana puasanya? Masih semangat atau sudah ada yang bolong?

Bulan ramadhan merupakan bulan ke sembilan dalam kalender hijriyah atau yang biasa dikenal dengan kalender islam, dimana setiap muslim dewasa diwajibkan untuk berpuasa (yaiyalah namanya juga bulan puasa).

Buat yang nggak tahu, selama berpuasa kita dilarang untuk makan, minum, minum obat oral, merokok, ngintip tetangga, bohongin orang, dan hal-hal kurang terpuji lainnya (yang sebetulnya harus selalu dilakukan bahkan selain dibulan ramadhan). Pada bulan ramadhan, kita hanya diperbolehkan makan dan minum pada waktu iftar sampai waktu sahur.

Ditengah banyaknya orang yang membahas tentang kalori yang masuk dan keluar selama bulan ramadhan, kita akan bahas hal paling remeh temeh yaitu hal-hal yang cuma dialami anak kos saat ramadhan. Yuk kita bahas..

Bingung Saat Makan Sahur

Kalau kalian anak kos atau kebetulan tinggal sendiri selama bulan ramadhan, pasti tahu deh perjuangan anak kos pada waktu sahur.

Anak kos seringkali bingung dimana rumah makan yang masih buka saat sahur terutama kalau nggak punya teman untuk keluar cari makanan untuk sahur.

Untuk memecahkan masalah tersebut, kita bisa bagi anak kos kedalam beberapa tipe diantaranya adalah; tipe yang suka stok roti, susu, atau biskuit; tipe yang membeli makan untuk sahur saat malam hari; tipe yang keluar sama temannya untuk cari makan sahur; dan ada  jenis yang paling langka yaitu masak sendiri (ini sangat langka, se-langka badak sumatera). Kamu kelompok yang mana nih?

Eh tapi terkadang jangankan cari makan sahur, seringkali waktu sahur aja kelewat karena nggak ada yang bangunin. Ups..

Nggak Bisa Bermalas-Malasan Pada Siang Hari

Anak kos sulit untuk tidur siang saat ramadhan. Pict credit Tribun news.com

Bagus kalau bulan puasa bertepatan dengan libur semester, sayangnya sejak pertama kali jadi anak kos sampai saat ini, bulan puasa selalu bertepatan dengan masa orientasi mahasiswa atau bahkan ujian.

Belakangan ini mahasiswa baru bisa berlibur saat mendekati waktu lebaran. Kita nggak perlu ngomongin mereka yang sudah kerja, jauh dari rumah, dan masih single karena nasibnya pasti lebih ngenes.

Walaupun waktu tidur pada malam hari berkurang, anak kos biasanya nggak punya kesempatan untuk nambah jam tidur saat siang hari, karena selalu aja ada yang harus dilakukan entah ada kelas, ada ujian, ada pekerjaan, ada teman yang ngajak ngadem di mall, ada kegiatan kampus, ada-ada aja deh pokoknya.


Bagaimana Saat Berbuka Puasa?


Saat berbuka puasa tentu saja nggak serumit saat sahur. Saat bulan ramadhan banyak sekali penjual dadakan yang menjajakan berbagai macam takjil, dari kolak hingga gorengan.

Anak kos biasanya akan ramai-ramai berebut membeli takjil dengan warga lokal. Anak kos juga akan dengan semangat ke masjid atau ikut acara kampus (modus untuk dapat takjil dan buka puasa gratis).

Selain itu, di pertengahan bulan puasa biasanya anak kos akan merencanakan untuk buka puasa bersama entah dengan teman kos, dengan teman satu geng, teman satu angkatan, teman satu komunitas, teman kerja, dan banyak lagi.

Agenda buka puasa anak kos biasanya terjadi tanpa banyak php, karena jadwal mereka hampir sama dan mudah untuk bertemu. Pada saat seperti ini, anak kos akan banyak ditemukan di restoran menengah, sedikit lebih fancy.

Berburu Promo Tiket Murah dan Mudik Gratis

Berburu tiket murah dan fasilitas mudik gratis. Pict credit to Tribun Jatim

Hal terakhir yang biasanya dialami anak kos saat bulan ramadhan adalah, berburu tiket murah dan mudik gratis. Beberapa BUMN seperti PT. KAI seringkali mengadakan promo tiket murah saat mendekati lebaran. Tiket murah tersebut akan habis hanya dalam beberapa jam.

Sebagai anak kos, berburu tiket murah itu sudah seperti kewajiban, sesaat setelah kabar promo menyebar, pada tanggal promo tersebut dirilis mereka akan rela untuk tidak tidur dan berebut tiket murah melalui aplikasi tersebut. Ada juga yang berburu tiket mudik gratis dengan bus atau kapal.

Setelah selama kurang lebih enam bulan diperantauan, akhirnya kami akan pulang dan bertemu keluarga dengan suka cita.

Gimana cerita ramadhanmu? share yuk dikolom komentar dibawah ini!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Bulan puasa begini, anak kos masih akrab dengan mi instan atau tidak nih?

    ReplyDelete
  2. Ada juga yg nyetok promag sama air mineral

    ReplyDelete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"