Mengapa Para Ekonom Membuat Model?

Mengapa para ekonom membuat model? Pict credit to esph-ir.com

You can never be overdressed or overeducated - Oscar Wilde

Hingga saat ini kita mungkin masih suka main mobil-mobilan, membeli replika robot, kereta api, pesawat, bahkan boneka. Ah! kalau kita berkunjung ke suatu gedung mereka juga biasanya menyediakan maket atau tiruan gedung, saat kita belajar biologi mengenai organ tubuh dan skeleton kita juga biasanya menggunakan patung replika manusia yang bisa dibongkar pasang.

Menurut kalian fungsi replika atau model tersebut apa?

Yup! model tersebut dirancang untuk memudahkan kita dalam memahami esensi suatu objek nyata, ya walaupun model-model tersebut berbeda jauh sama kenyataan tapi secara garis besar kita jadi tahu bentuk mobil tanpa melihat mobil asli, bentuk gedung tanpa berkeliling gedung tersebut, dan tahu soal organ tubuh manusia dan letaknya tanpa harus melakukan operasi.

Sama halnya bagi para ekonom, mereka juga membuat model untuk mempermudah dalam memahami peristiwa ekonomi yang terjadi.

Model Bagi Ekonom?


Apa perbedaan model ekonomi dan model lainnya? kalau model ekonomi itu dibuat dalam bentuk simbol dan persamaan matematis.

Model ini penting bagi ekonom karena dengan menciptakan model mereka bisa mengabaikan variabel-variabel lain yang dianggap tidak relevan dengan permasalahan yang sedang ditelit.

Misalnya saja, untuk mengetahui variabel ekonomi apa saja yang mempengaruhi investasi kita hanya menggunakan variabel pertumbuhan, nilai tukar, dan neraca perdagangan.

Walaupun variabel seperti korupsi, kualitas institusi, dan keamanan mempengaruhi investasi disuatu negara kita tidak akan menggunakan variabel tersebut karena mereka tidak termasuk dalam variabel ekonomi tapi variabel politik,

Atau supaya lebih jelas begini, pada saat kita mempelajari kerangka tubuh manusia maka model yang dipakai pasti patung kerangka tubuh (skeleton) bukan model atau patung organ tubuh wantia/pria.

Walaupun kerangka dan organ sama-sama bagian tubuh manusia, tapi karena kita ingin mengetahui soal kerangka tubuh kita bisa mengabaikan hal lain seperti organ, jaringan, dan sel misalnya.

Variabel dalam Model Ekonomi?


Ada dua jenis variabel dalam model ekonomi, yaitu variabel endogen dan variabel eksogen.

Variabel endogen adalah variabel yang akan dijelaskan dalam model ekonomi, sedangkan variabel eksogen adalah variabel yang nilainya ditentukan diluar model.

Nah, tujuan sebuah model adalah untuk menunjukkan bagaimana variabel eksogen akan mempengaruhi variabel endogen. Jadi variabel eksogen itu berperan sebagai input dan endogen sebagai output.

Kalau secara general variabel eksogen ini adalah variabel yang bisa mempengaruhi variabel endogen.


Sekian dari jendelaeva semoga bermanfaat!



Source :
Mankiw (2007), makroekonomi
Kumari & Sharma (2017) FDI determinant

You Might Also Like

0 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"