Pentingnya Sistem Finansial dalam Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Pentingnya sistem finansial untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Source: carbone4

Mari kita bayangkan bagaimana hidup di dunia ini tanpa adanya institusi finansial, tanpa pasar finansial, dan tanpa aset finansial. Dalam dunia yang seperti itu, kita mungkin tidak akan dapat meminjam uang untuk membeli rumah, mobil, atau bahkan biaya pendidikan. Kita juga mungkin tidak akan dapat menyimpan uang untuk pengeluaran tidak terduga dimasa mendatang.

Lebih parahnya lagi kita juga akan kesulitan untuk membeli kebutuhan pokok seperti makanan karena harus melakukannya dengan sistem barter. Sistem barter sendiri dianggap tidak efisien. Bayangkan, untuk membeli seekor kerbau misalnya, kita harus menukarnya dengan dua puluh lima karung beras. Belum lagi bisa saja dua puluh lima karung beras tersebut ternyata tidak setara dengan harga seekor kerbau.

Seiring berjalannya waktu, untuk memudahkan transaksi manusia mulai mengembangkan alat tukar yang lebih efisien dari mulai menggunakan kulit penyu, gigi lumba-lumba, perak, emas, dan saat ini menggunakan uang.

Akibatnya, kita perlu membangun sebuah sistem finansial - meliputi pasar, institusi, regulasi, hukum, teknik, dan keamanan - yang mengatur pinjaman, suku bunga, berbagai jasa finansial yang diproduksi dan diperdagangan ke seluruh dunia.

Sistem finansial merupakan salah satu terobosan penting yang membentuk masyarakat modern. Sistem finansial memungkinkan kita menabung dan meminjam uang melalui institusi finansial - dengan cara memindahkan dana pinjaman yang dari tabungan ke peminjam  untuk digunakan membeli berbagai barang dan jasa dan untuk berinvestasi dengan membeli berbagai peralatan dan fasilitas baru - sehingga perekonomian secara global dapat tumbuh dan meningkatkan standar hidup masyarakat.

Tanpa sistem finansial dan supply dana yang dapat dipinjam, kita tidak dapat melakukan banyak hal karena terbatasnya pilihan yang dapat diambil. Sistem finansial menentukan biaya dan kuantitas dana yang tersedia untuk membayar barang dan jasa yang kita beli setiap harinya.

Ketika ketersediaan dana semakin sedikit, maka pengeluaran untuk membeli barang dan jasa akan semakin menurun. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi menurun karena banyak perusahaan yang harus mengurangi produksi dan memberhentikan karyawannya sehingga akan terjadi peningkatan angka pengangguran.

Dapat disimpulkan bahwa sistem finansial global merupakan integral dari sistem perekonomian global. Kita tidak dapat memahami satu sistem tanpa mempelajari sistem lainnya.

____
Sumber: Function and Roles of the Financial System in the Global Economy

You Might Also Like

0 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"