Pesan Untuk Blogger: Hargai Karya Penulis Dengan Membaca


Pict credit: Quickmeme.
Expectation is the root of heartache - William Shakespeare
Quotesnya shakespeare kayaknya tepat sasaran deh. Baru-baru ini baru tahu dan coba ikutan event blog walking dan komentar disalah satu komunitas blogger gitu.

Mengingat kita sama-sama penulis amatir, ekspektasi terhadap sesama blogger adalah kita sama-sama mengerti, bahwa cara menghargai penulis adalah dengan membaca, sedangkan cara memberi dukungan kepada penulis adalah dengan memberikan masukan yang membangun, entah melalui private chat atau dikolom komentar.

Yah, kita semua udah terlalu tua untuk belajar cara menikmati suatu karya kan? jadi nggak perlu disebutkan.

To me, personally, i feel appreciated when my friend who did blog walk in here comment through pm, "Heyy.. ternyata sejarah ini begitu ya, sejarah anu begitu ya, asik dibaca kok, Gue suka artikel yang ini deh, tapi kayaknya terlalu banyak cantumin source, kalau bisa sourcenya ditaro dibawah aja."

That's what i expect, but then..

Saat mulai event,  komentar dan "berkunjung" ke blog orang lain justru jadi sebuah komoditas. Karena itu juga, kita jadi lupa cara menikmati karya seseorang.

Kenapa jadi komoditas, iya soalnya targetnya cuma selesai event dengan cara komentar, akhirnya membaca bukan jadi hal relevan buat dilakukan, karena tujuannya dan targetnya sudah beda.

Oh dang they did blog walk yet dont read even one of my article, and suddenly comment about it. Funny huh?  sisi penulis Gue tercederai.

Perlu diingetin? cara menikmati karya musisi adalah dengan mendengar, cara menikmati karya sastra adalah dengan menghayati, cara menikmati karya penulis adalah dengan membaca. As simple as that.

Saat blog walk ke lapak orang lain, posisikanlah diri sendiri jadi yang punya blog, jadi bisa lebih menghargai karya orang lain.

Eventnya naikin traffic? ya naik walaupun gak signifikan karena cuma ikut satu event. Tapi puaskah? To be honest.. not really. 

Above all, it's my fault start to build any expectation thru this event from the very first beginning, like what shakespear said. My period and expectation kill me in the same time, kinda got hepatitis type h.. hurt. Haha. 

You Might Also Like

16 komentar

  1. wah pembahasannya sangat bagus untuk di simak dan saya juga sampai sekarang belum pernah mengalami hal seperti itu, makasih ya gan atas infomasinya

    ReplyDelete
  2. Keren, 'Hargailah penulis dengan membaca hasil karyanya' . Blogwalking belum baca seluruhnya, udah berkomentar, ini salah satu sifat Blogger yang tujuannya hanya untuk meningkatkan traffic.. Tapi, informasi yang Anda sampaikan sangatlah jelas!!! Terus berkarya! Kalau boleh, nitip url ya ... http://kamulopedia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Baguslah gan. Memang harus begitu. Kita dah bantu mereka dengan cara menulis artikel tentang *blablabla* dan mereka mencarinya. Kalau cuman di cari ya engga afdol rasanya. Hargailah dengan cara membaca

    ReplyDelete
  4. dengan membaca kita menjadi tahu segala., terkadang masih ada beberapa orang yang kurang begitu gemar membaca, kecuali ketika mereka ingin membaca sebuah artikel yang benar benar dia inginkan untuk dibaca., maka dari itu dalam membuat artikel kadangkala penentuan judul menjadi kuncinya.,cara menghargai penulis adalah dengan cara membaca artikelnya serta tidak lupa memberikan komentar.,., seperti komentar ini contohnya., hehehe

    ReplyDelete
  5. Setuju, dengan membacanya secara detail hasil tulisan penulis, maka kita bisa menghargai hasil karya penulis, karena walau bagaimanapun penulis akan berusaha untuk menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya.

    ReplyDelete
  6. Bener banget. Rasanya sedih sekali kalau buat artikel tadi gak dibaca apalagi ada pengunjung yang nyata ngatain artikel kita.

    Padahal mereka para pembaca akan mendapatkan ilmu ilmu walau hanya sepatah kata

    ReplyDelete
  7. Sangat setuju menghargai penulis harus dengan membaca, so saya paling doyan baca tapi kalau menulis apalagi tulisan tangan baru 2 halaman bosannya minta ampun,..bagaimana bisa saya menghasilkan tulisan bagus?,..Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi erwin! kamu suka baca konten/buku tentang apa? Kalau tulis tangan saya juga malas, soalnya tulisannya jelek. In the end, gak bisa baca tulisan sendiri. Haha.

      Sering nulis aja win, ntar juga tulisannya jadi asik buat dibaca. Terus kalau udah nulis, biasain buat baca ulang tulisan, misal satu minggu kemudian gitu, jadi tau mana yang udah pas mana yang belum.

      Delete
  8. Sangat setuju menghargai penulis harus dengan membaca, so saya paling doyan baca tapi kalau menulis apalagi tulisan tangan baru 2 halaman bosannya minta ampun,..bagaimana bisa saya menghasilkan tulisan bagus?,..Trims

    ReplyDelete
  9. teruslah menulis karena ingin, ada yang baca atau engga itu soal lain :) gan ba te!

    ReplyDelete
  10. karena itu saya lebih betah berkunjung ke blog yang nyambung buat saya. jujur, saya suka memberi komentar karena timbal balik. Alasannya, kunjungan balik meski cuma 1x itu sebuah semangat baru untuk memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  11. blognya mba eva bagus punya nih. enak membacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih lho phad.. kujuka suka blogmu. sering-sering main yak hahaha

      Delete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"