National Security Agency: Yakin Punya Privasi?

Pict Credit: Philosopherforchange
The price for safety, is the loss of privacy - Unknown

Pernah baca novel Digital Fortress karya Dan Brown? Novel yang pertama kali diterbitkan tahun 1998 ini sedikit berbeda dari novel Brown yang lain, di Digital Fortress, Brown cerita tentang National Security Agency (NSA), sebuah lembaga kriptologi AS.

Kita nggak akan resensi bukunya Brown disini, yang akan kita bahas adalah NSA, lembaga kriptologi AS yang cukup kontroversial. Bahkan dikalangan warganya sendiri.

Sekitar tahun 2014 lalu, masyarakat AS mengolok NSA melalui meme yang banyak tersebar di facebook. Mengglobal? not really, protes tersebut hanya tersebar dikalangan warga AS saja dan beberapa situs luar.

FYI, kriptologi itu seni atau ilmu yang mempelajari semua aspek tulisan yang bersifat rahasia. Di Indonesia ada juga sekolahnya, namanya Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), kalau kalian suka hal berbau propaganda pasti pernah at least mikir mau masuk sekolah satu ini. (Source: infokriptologi)

Back to NSA, NSA itu bagian dari Departemen Pertahanan dan anggota komunitas intelejen AS yang dibentuk tahun 1952. Waktu itu dibentuk dibawah pemerintahan Presiden Truman.

Pembentukan NSA punya dua tujuan, yaitu Signals Intelligence (SIGNIT) dan Information Assurance (IA). SIGNIT untuk memanfaatkan jaringan komunikasi luar negeri dan IA untuk melindungi sistem informasi AS.

Awalnya NSA dibentuk memang untuk menciptakan keamanan nasional melalui pengembangan teknologi, tapi semenjak negara api menyerang, maksudnya semenjak kejadian black september dan kampanye Global War on Terrorism (GWOT) oleh Bush Junior, NSA mulai melakukan penyadapan.

Nggak cuma alat komunikasi seperti telfon kabel, tapi juga komunikasi via internet seperti e-mail bahkan game, mantap kan.

Pict Credit : Startribune


Selain itu, bukan cuma masyarakat yang kena sadap, Kanselir Jerman dan beberapa pemimpin negara lain juga kena sadap. Ada kata-kata Angela Merkel yang terkenal saat kritik skandal kasus mata-mata NSA, "No spying among friends."

Flash back sebentar, tahun 2011 lalu, Mike Roger dan Russperberg sempat bikin RUU CISPA (Cyber Intellegence Sharing Protection Act) yang intinya memperbolehkan tindakan penyadapan pemerintah demi terciptanya keamanan nasional.

RUU-nya sampai tahun 2014 lalu belum di acc sama house of representative AS (ini semacam DPR-nya AS). Menurut kongres, kalau RUU CISPA di acc-tandanya kongress melegalkan aktivitas penyadapan yang dilakukan NSA.

Inget nama Edward Snowden? yang tahun 2013-an lalu happening banget, waktu itu dia membocorkan rahasia bahwa NSA telah lama menyadap alat komunikasi masyarakat AS ke publik.

Sejak saat itu juga kabar penyadapan NSA meluas. Bahkan NSA dikabarkan telah menyadap media sosial, online video games, Bulk International Money Transfers, Mobila Data, Google, Yahoo, bahkan adress book dan teman dari setiap warganya.

Mungkin kalian bisa tanya NSA password facebook mantan.

So? Kalian pilih mana national security atau privacy

Source:
Craig Snyder, 1999, contemporary security and strategy. Palgrave McMillan.
NSA, 2000, National security agency/central security service. USA.

Online source:
KLIK >> Media Blackchat, EFF, DW, Salon, US news, Sourcewatch

You Might Also Like

4 komentar

  1. klo gitu Indonesia bisa terancam juga, deh. Semoga tidak terjadi hal apa2, Indonesia juga harus memberantas penyadapan, dengan mengandalkan Joint Venture dari Basinas, BIN, dan lulusan STSN tersebut. Ntaps !

    ReplyDelete
  2. Wkwk password facebook mantan 😂 Infonya menarik nih..

    ReplyDelete
  3. Mereka bisa mendengar lewat mic dan melihat lewat kamera pada smartphone, tablet, game konsol, pc, bahkan smart tv.
    Setelah presiden Trump menjabat semua warga asing yang masuk ke US akan ditanya akun sosial media (fb, ig, twitter) oleh petugas imigrasi. Sampai bitcoin (uang digital) harus dilaporkan juga.

    Film serial Person of Interest bisa jadi gambaran bagaimana NSA bekerja.

    ReplyDelete
  4. Kok ada hawa hawa apatar apatarnya ya, sampe ada negara api gitu 😁😁

    ReplyDelete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"