BISNIS PROPERTI DI ERA DIGITAL: PELUANG DAN TANTANGAN

Ilustrasi rumah. Pict credit to Canva.
Home is where you resides, memories are created, friends and family belong and laughters never ends - by Jaclyn Keenys

Hai, kalian lagi apa nih? Kali ini gimana kalau kita bahas soal jual beli properti melalui platform online?

Sebagai generasi millenial yang lahir di tahun 90-an tentu sudah mulai bermimpi untuk punya properti sendiri dong. Berhubung Jeda (Jendela Eva) orangnya digital savvy banget, sampai nyari kos aja pakai aplikasi jadi kepikiran juga kalau berburu properti pakai platform online gimana ya?

Nggak cuma nyari rumah sih, kepikiran juga apakah menjual properti melalui platform online akan lebih cepat terjual? Soalnya punya pengalaman jual rumah manual dari mulut ke mulut itu lama sekali terjualnya. Siapa tahu kalian punya masalah yang sama, bahas yuk!

Bisnis Properti Di Era Digital

Hal yang memiliki pengaruh besar bagi peradaban belakangan ini adalah internet. Internet memungkinkan kita untuk bekerja secara mobile, memudahkan transaksi hanya dengan sekali klik, dan yang paling penting adalah sebaran informasi yang cepat.

Salah satu yang merasakan manfaatnya adalah bisnis properti. Sudah banyak orang yang memanfaatkan internet dan platform online untuk menjual propertinya, entah menggunakan Facebook, Twitter, atau yang paling sering kita jumpai adalah website. 

Kemarin, saat mencari tahu soal topik ini, Jeda sempat berselancar di google dan menemukan website khusus untuk menjual properti yaitu Jual Rumah Jakarta.

Kenapa Jeda ambil contoh website tersebut? Karena disana informasinya cukup jelas bagi pembeli. Nggak cuma memberikan informasi mengenai luas rumah, jumlah ruangan, dan lokasi tetapi juga menjelaskan soal status kepemilikan surat-surat bangunan. Hal menarik lainnya adalah, kita bisa langsung kontak si pemasang iklan.

Bisnis properti dulu dan sekarang. Sumber data berasal dari laporan realtors dan diolah oleh Jendela Eva.


Menariknya, mencari properti melalui website ini sangat hemat waktu dan biaya. Misalnya saja dalam website biasanya dilengkapi dengan beberapa kategori dari mulai jenis properti hingga wilayah.

Jadi, kalau semisal kita ingin mencari rumah di Jakarta Selatan kita tinggal klik kategori wilayah, contoh: Jual Rumah di Jakarta Selatan. Nantinya disana akan muncul daftar rumah yang dijual di wilayah tersebut lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Kita sebagai pembeli bisa melihat-lihat, kemudian memilih dan membuat daftar properti yang menarik dan cocok dengan selera dan budget, dan akhirnya menghubungi pemasang iklan untuk melakukan survey. Paling penting, penjual dan pembeli bisa berinteraksi langsung tanpa melalui perantara.

Baen dan Guttery (1997), dalam jurnalnya yang berjudul The Coming Downsizing of Real Estate: Implication of Technology, memprediksi bahwa pertumbuhan penggunaan internet berdampak pada jasa broker dan jasa sejenis.

Bagaimana Dampak Internet Terhadap Waktu Penjualan Properti?


Seperti yang sudah dijelaskan dipembukaan, kita akan membahas bagaimana dampak internet terhadap waktu penjualan properti. Bisa lebih cepat, biasa aja, atau justru lama terjual? 

Dari penelitian yang dilakukan oleh McDonagh, seorang Dosen Senior dalam bidang properti di Universitas Lincoln, diketahui bahwa 80% rumah tangga yang memiliki akses internet akan menggunakannya untuk menjual atau membeli properti, atau setidaknya menjadikan internet sebagai secondary resource. Potensial banget nggak tuh?

Home is wherever you leave everything you love and never question that it will be there if you return - By Leo Christopher

Disamping itu, dalam penelitiannya McDonagh juga menjelaskan bahwa penggunaan internet mengurangi hambatan untuk masuk dalam bisnis properti, oleh karena itu penjualan pribadi jadi meningkat signifikan. Sesuai kan sama pertanyaan sebelumnya?

Penggunaan internet bisa mempercepat sebaran arus informasi, tapi waktu penjualan properti bergantung pada banyak hal selain internet, misalnya saja harga properti.

Semisal ingin membeli rumah murah di jakarta, Jeda sarankan untuk mengunjungi situs www.jualrumahjakarta.com untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Kalau kalian sendiri pernah coba beli atau jual rumah dengan melalui website kah, gimana kesan dan pesannya? Oh ya, kalau ingin membeli rumah di internet apa sih informasi yang paling penting bagi kalian selain harga, luas, dan bangunan rumah? Share your opinion down below ya!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Terimah kasih mau berbagi..👍

    ReplyDelete
  2. Dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang, hampir tiap lini kehidupan mendapatkan dampak positifnya.

    Pun termasuk di bidang bisnis semisal properti. Hal ini terbukti dengan banyaknya usaha sejenis di bidang properti baik jasa pembangunan properti ataupun jual/beli properti.

    Masyarakat juga sadar akan kemudahan yg ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan ini. Beberapa masyarakat juga sudah biasa melalukan survei online terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual (bisnis) properti mereka.

    Bisnis properti memang sangat menjanjikan.

    ReplyDelete
  3. linknya ko kalo kena kursos jadi gak keliatan yah? coba edit cssnya mba

    ReplyDelete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"