DIASPORA YAHUDI (FASE AWAL)

Source : Wikispace

Hai hai how's life?

Kalau Gue, buku yang kudu dibaca lagi numpuk nih. Tapi baru di list doang, belum ada yang dibaca haha.

By the way, gue sambil denger leaving on a jet plane dari John Denver liriknya sedih tapi instrumennya bikin gue pengen goyang kaya boneka kucing pembawa keberuntungan di toko kelontong haha.

Mumpung lagi senggang, gue bakal lanjut ngebahas soal diaspora yahudi ya. Soal sejarah dan latar belakang kenapa Yahudi ini bisa tersebar, terutama ke Amerika.

Soal sejarah, karena diaspora yahudi adalah diaspora tertua, buanyak banget versi ceritanya. Jadi penyebaran diaspora yahudi ini sebenernya didorong sama berbagai kejadian baik di negara hostland atau homeland, makanya dari segi apapun diaspora yahudi emang unik.

Terutama sih gimana cara mereka bertahan di negara hostland. Inget kan dulu pernah ada kejadian Nazi ngebantai yahudi? nah itu cuma salah satu kejadian dari banyak kejadian lho. Waktu itu mereka akhirnya menyebar dan bisa bertahan, udah gitu bisa mengasimilasikan budayanya lagi sama kebudayaan hostland-nya.

Kita bakal bahas di diaspora yahudi didaratan Eropa ya. Karena awalnya emang dari Eropa, terus dia menyebar luar sampe ke daratan Amerika.


Jadi, pas abad pertengahan itu diaspora yahudi udah tinggal dan tersebar luas di dataran Eropa, ya contohnya aja di Laut Hitam di Rusia, Balkan, Yunani, Jerman, Prancis, Spanyol, malah kalau di Italia sampai ada komunitasnya tersendiri yang banyak tersebar di daerah Roma.

Waktu itu jaman Gereja Ortodok lagi berjaya, jadi semua orang bisa hidup berdampingan dengan tingkat toleransi tinggi. Yah walaupun pada akhirnya gereja ortodok juga memicu adanya penganiayaan terhadap Yahudi.

Tahun 600-an sih sebenernya di Syiria muncul gerakan anti-yahudi, Pakistan juga pecah pada akhirnya yahudi diusir dari Antiokhia. Tapi dibagian timur si masih bersikap lebih bersahabat daripada sikapnya Katolik Romawi Barat.

Di tahun yang sama, di Spanyol juga terjadi hal serupa. Waktu itu banyak terjadi diskriminasi terhadap kaum yahudi, bahkan sampai ada peraturan anti yahudi yang didukung sama Paus Gregory I. Walaupun disisi lain, Paus juga membatasi kekerasan terhadap yahudi sih.

Waktu itu diaspora yahudi banyak tersebar di Prancis dan Jerman, makanya kalau baca novelnya dan brown soal propaganda mahyudi, remason, dan kawan-kawan latarnya bisa dipastikan di Eropa kan? terutama sih di Paris ya terutama daerah Meuse sampai sungai Rhine. Sama bangsa yahudi sendiri daerah situ dinamain Askhenaz.

Oh ya, waktu itu ditengah segala keterbatasan, ada tuh salah seorang yahudi yang jadi pelajar terkenal bisa dibilang cerdas lah ya di Askhenaz. Dia mimpi salah satu Universitas di Eropa bagian utara, dan pada akhirnya dia balik lagi buat ngajarin orang yahudi yang lain.

Saat itu, selain salin meningkatkan pendidikan, orang yahudi juga menyebarkan agamanya ke Raja-raja feodal bahkan ke uskup yang cukup terbuka dan bisa nerima kehadiran mereka. Nah karena mereka punya pengalaman buruk, makanya Yahudi ini seringkali meminta untuk memisahkan diri dari masyarakat.

Pada tahun 1905, perang dimulai tuh. Saat gereja jadi militan dan pendetanya memilih untuk bergabung sama ksatria buat perang "ideologi suci," banyak dari mereka sih perang sama kaumnya sendiri dan orang yahudi juga kena.

Nah, perang ideologi yang ksatria dan pendeta itu lakukan dibarengi dengan aksi kristenisasi, makanya waktu itu banyak orang yahudi yang akhirnya bunuh diri buat nunjukkin kesetiannya sama agamanya. Mirip orang jepang ya?

Keadaan diaspora yahudi jadi kritis banget, sampai akhirnya Spanyol dikuasai islam. Karena islam punya rasa toleransi yang tinggi terhadap diaspora yahudi. Mereka sempat hidup dengan damai beberapa saat. Sampai pada akhirnya Cordoba diambil alih sama Ratu Isabel dan Raja Ferdinand.

Nah Raja Ferdinand dan Ratu Isabel ini yang kemudian nyuruh tentaranya buat cari dan bunuh orang yahudi. Selain itu juga mereka meruntuhkan perekonomian Ottoman.

Tahun 1800 bangsa yahudi yang masih tersisa ada? ada lah. Tapi mereka udah dipengaruhi pemikiran barat dan pada akhirnya mereka memutuskan buat bermirgrasi besar-besaran ke Amerika Utara.


Nah itu cerita sedikit (banget) soal diaspora yahudi pas masa-masa awal tersebar. Nanti kita bahas gimana diaspora yahudi dimasa pertengahan.

By the way bahan bacaannya sama kaya di postingan sebelah ya klik >> Diaspora





You Might Also Like

0 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"