Grammarly: Fasilitas Chrome yang Bisa Bikin Jago Bahasa Inggris Dalam Sekejap!

Pict credit: someecards.com

Hai.. thor baru selesai UTS dan yea.. super happy here. How about you?

Lagi keminggris? ya nggak juga HAHA. Cuma berhubung mau bahas soal fasilitas Chrome yang bisa bikin kita mendadak jadi jago dalam bahasa inggris pasif jadi sok keminggris deh.

Kali ini mau bahas soal aplikasi Grammarly, dan yaaa Gue norak karena baru tahu kalau Chrome punya Chrome web store gitu. Coba kalau dari dulu punya sifat eksploratif mungkin nggak perlu lagi bolak-balik lihat kamus atau baca bukunya Baum pas lagi kepepet.

Nah, ini sebetulnya aplikasi atau bukan ya? kalau diwebstorenya Grammarly ada dibagian extention, jadi kalau kalian lagi ngetik di web atau apa dalam keadaan online, dia bakal muncul dan melakukan pengecekan grammar disetiap kata yang kamu tulis.

Oh ya kalian bisa akses ekstension Grammarly dan segudang aplikasi serta extension GRATIS lainnya dengan klik ini ===> Chrome Web Store (Just in case lo dan Gue sama-sama norak)

Buat orang yang lagi butuh cepat tentu aja extention grammarly yang disediakan Chrome ini super berfaedah. Haha. Apalagi buat anak sekolahan dan mahasiswa yang seringkali tiba-tiba dikasih tugas bikin kalimat atau essay bahasa Inggris. Duh!

Kita tinggal terjemahin di sederet.com dan grammarly bakal mengoreksi susunan kalimatmu dan voila!! Jadi deh kalimat bahasa inggris yang mudah-mudahan sesuai kaidah yang benar, yah mau gimana juga kan ini sistem, nggak secanggih otak manusia (baca: otak seorang dosen bahasa inggris).

Ah iya, kamu cuma perlu download untuk memasang extention grammarly di chrome kamu. Nggak berat kok. Kenapa ini di review? ya karena bermanfaat buat thor, makanya direview dan share, mana  tahu ada yang butuh kan.

I'm trying to use this "Grammarly" extension as my auto not auto grammatical error system, and yea..  simple enough to use. It will be easy to use even by a mutant or martian who never ever touch a keyboard and familiar with the internet.

Apa saja keunggulan Grammarly?

Grammarly Detail Banget 

Pict credit: thesouthgatesociety
Ternyata fasilitas gratisan ini nggak membuat dia jadi semena-mena terhadap pengguna. Super detil karena bahkan dia ngasih suggest atau mengoreksi apakah huruf diawal kata perlu pakai huruf kapital atau biasa.

Nggak cuma itu, bahkan ya kalau ada kata yang salah tulis atau typo, dia juga bakal ngasih suggest apakah kata tersebut mau dibenerin atau nggak.

Bisa di Setting Sesuai Kebutuhan

Waktu awal pasang Grammatically akan muncul pilihan setting, disana kita bisa set soal tentang apa keperluan kita menulis, apakah untuk tugas sekolah atau lainnya. Selain itu, disana juga kita bisa set apakah mau menggunakan british english atau american english. 

Ini penting lho, biasanya memang nggak pernah terlihat perbedaan berarti antara british dan american ini. Tapi, untuk beberapa (mungkin banyak kasus) perbedaannya signifikan lho, ada yang suku kata-nya sama, tapi ternyata artinya berbeda jauh. Dari segi penulisan juga biasanya memiliki perbedaan. Misal antara color dengan colour, kalau kamu pakai color berarti kamu menggunakan kaya american english. Contoh lain adalah theatre dan theater, kalau pakai theatre ya berarti pakai gaya british, eh tapi american juga terkadang pakai theatre juga sih haha. 

Selain itu, setiap kalimat dalam bahasa inggris (atau manapun) walaupun artinya sama, tapi biasanya mereka digunakan dalam konteks yang berbeda-beda. Makanya diawal setting ditanya kebutuhan menulisnya untuk apa? tugas sekolah, pengetahuan, atau lainnya? karena Grammarly juga bakal ngecek mana kata yang paling sesuai untuk kalimatmu. 

Btw tadinya thor mau ngasih screenshoot cara menggunakannya, atau at least bukti bahwa grammarly ini berfaedah, tapi seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi Paint yang sudah bertahun-tahun digunakan dihapus oleh microsoft, jadi nggak bisa dengan mudah screenshoot, save, edit, dan save lagi deh.

Semoga bermanfaat infonya.. btw kasih tanggapan kalian setelah coba Grammarly dikolom komentar ya.. 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Iya eva. Walaupun rame yang pake amerikan tp british english lebih unyu2 kedengarannya... kayak di pelem sihir2 itu dan komentator sepakbola di beansport.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhaha iya seksi ya sir kalau ngomong

      Delete
  2. wah wah, bagus sekali ini. aku pun baru tahu. ikut download ah eva. makasih banget loh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sama-sama phad.. alhamdulillah ya kalau bermanfaat infonya

      Delete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"