Pengalaman Ketemu Penipu (?) di Jakarta

Pict Credit: Tribunnews

Hai kalian, sehat kan?

Hari ini mau share pengalaman yang baru banget terjadi kemarin, tepatnya tanggal 13 Oktober 2017, sekitar jam 09.40 malam lah *WIB.

Malam itu, Thor dan teman, berdua, dan sama-sama perempuan, memang ada kelas dengan materi yang bikin kepala pusing. Kami pulang jam sembilan seharusnya, tapi karena satu dan lain hal jadi molor lama.

Saat perjalanan pulang, di jalan salemba tengah, jakarta pusat. Tiba-tiba ada cowok nyamperin, pakai motor, karena dikira mau tanya jalan atau apa, jadi kami berhenti buat ngeladenin dia. Nah kemudian terjadilah percakapan seperti ini:

Orang Asing = si cowok
Thor = saya dong

Orang Asing:
Mbak, saya mau minta uang 30k untuk beli bensin, uang saya jatuh dijalan.

Thor:
(cengo) tapi saya nggak punya pak uang segitu.

Orang asing :
Nanti saya ganti deh mbak, saya ganti pakai pulsa apa? (dia sambil mau ngeluarin hp-nya tapi nggak jadi)


Thor:
Saya beneran nggak punya uang segitu mas.

Orang asing:
Ya sudah mbak, berapa aja boleh deh. 


Thor:
Saya cuma ada 4k.

Orang Asing:
Kalau 10k nggak ada Mbak?


Thor:
Nggak ada Pak itu uang saya tinggal segitu. (Emang bener cuma itu sisa uang thor malam itu hiks)


Akhirnya dia pergi, dan setelah diperhatiin, dia masih di jalan salemba tengah dan minta tolong sama Mbak-mbak lain yang kebetulan lagi jalan, dan anehnya dia selalu nyari mbak-mbak, padahal disana banyak cowok juga karena lagi ada pembenahan trotoar jalan.

Beberapa saat setelah kejadian itu, thor baru sadar, kenapa pula minta isiin bensin 30k? kan satu liter bensin nggak sampe segitu. Dia dengan kondisi uang hilang dan minta tolong orang asing aja berani buat minta isiin full tank, kan ngeselin nggak sih. (Motor dia itu beat, padahal kalau motor beat 20k-25k saja udah full tank). 

Untungnya thor cuma punya uang 4k, ini bukan kali pertama. Beberapa bulan lalu juga pernah ada orang minta bantuan kaya gitu, bedanya ini Ibu-ibu dan di masjid. Modus dia, dia nggak punya uang jadi harus jualan snack murah, sebetulnya harganya cuma 500-1.000 rupiah, cuma di mark up sedemikian rupa dengan cara dijual 6pcs itu 30rb dan dibumbui cerita mengenaskan soal hidup.

Mungkin 4k profit/pcs itu upah doi cerita. Pokoknya akhirnya dibeli dan menyisakan 4pcs lagi, dia bilang itu semua barang jualan dia hari ini. Setelah transaksi, dia kebelakang dan cari target lain. Disaat lain pas thor mau keluar dari masjid, dia buka kantong keresek yang isinya uang berlembar-lembar 100rb-an, dan stock biskuit lain. Ehm okeh.

Setelah itu thor baru tau ternyata menurut agama thor, transaksi di masjid itu nggak boleh hiks. Andai thor belajar agama dengan baik mungkin bisa menghindari kejadian ini. 

Jadi intinya, kalau boleh pinjam istilah salah seorang teman,
"Lo pikir ini dimana, ini di Jakarta, bukan di Cirebon."

Well okayyy then, i got it.

Intinya, hati-hati ngobrol sama orang lain, apalagi kalau dia udah MINTA TOLONG dan cerita tentang kesulitan hidupnya, kalau cerita doang sih boleh. Jangan suka ngasih kontak sembarangan. Jangan terlalu ramah sama orang lain, entah kenapa ketika kita berusaha begitu malah ditipu. (ini self reminder aja sebenernya haha)

Thor ngerasa hidup di daerah jawa lebih aman nyaman dan tentram sih, thor nggak pernah nemu beginian disana. Jadi buat kalian dimanapun berada, hati-hati juga dan bijak dalam menolong orang lain.

You Might Also Like

7 komentar

  1. Modus baru....bahaya ini perlu diantisipasi hehehehe

    ReplyDelete
  2. Iya jangan percaya sama orang yang baru kenal, apalagi baru ketemu. Percaya sama aku aja ya😊

    ReplyDelete
  3. Hati-hati, mbak. Hidup di ibukota memang begitu.
    Btw, lebih enak tinggal di Jawa sih (eh, Jakarta bukan di Jawa, ya??😆). Insyaallah lebih aman, biaya hidup lebih murah lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawa yang dimaksud disini jawa tengah wkwkw.. iya bener :( kangen tinggal daerah sana haha.. ramah-ramah orangnya biaya hidup juga zuper terjangkau

      Delete
    2. Jawa Timur juga sama ramah dan murahnya (btw, ane tinggal di Ponorogo, Jawa Timur)

      Delete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"