Kapan Yahudi Pertamakali Datang Ke Amerika?


Inkuisisi Spanyol yang dipimpin oleh Ratu Isabella dan Raja Ferdinand pada tahun 1492, membuat Yahudi harus menyelamatkan diri ke daerah lain. Dilansir dari situs DailyMail, saat itu sekitar 800.000 Yahudi dipaksa untuk pindah keyakinan menjadi Katolik.

Pada akhirnya, Yahudi di Spanyol yang berpindah keyakinan dibagi menjadi dua, yaitu
Conversos dan Morranos.

Conversos adalah orang Yahudi yang akhirnya benar-benar taat pada ajaran Katolik, sedangkan Morranos adalah orang yang berpindah keyakinan namun secara diam-diam masih menjalankan ajaran Yahudi.

Nah, hasil dari adanya inkuisisi Spanyol adalah, puluhan ribu morranos disiksa. Beberapa waktu lalu 9gag pernah posting gambar dengan caption "1st fidget spinner ever exist" atau semacam itulah, ini gambarnya:



Ternyata oh ternyata, ini adalah gambar penyiksaan yang dialami oleh Yahudi pada masa itu. Bukan gambar orang lagi rame-rame main fidget spinner ya, tapi morranos yang dibakar hidup-hidup.

Nah, salah satu jurnal pernah bilang kalau pada masa itu, Yahudi yang mau menyelamatkan diri pergi ke benua Amerika, bersamaan dengan datangnya Columbus.

Makanya timbul perdebatan apakah Columbus sebenarnya adalah morranos atau bukan. Kalau mau baca yang ringan dan ringkas bisa baca disitus kaya Dailymail atau CNN mereka bahas soal ini, karena kita nggak akan bahas soal apakah Columbus Yahudi atau Katolik.

Back to the topic, setelah kedatangannya ke benua Amerika bersama Columbus, pada 1700-an Yahudi sudah mulai banyak berbaur dan ikut kegiatan masyarakat (yang waktu itu disebut British America).

Bahkan tahun 1754 - 1763, Yahudi ikut membantu "British America" dalam tujuh tahun perang India dan Prancis. (Kalau di google kalian bisa search dengan keyword : french and indian war)

Pas 17 Agustus 1790, bukan hari kemerdekaan kita, tapi itu adalah saat Musa Seixas, sipir Kongregasi Kahal Kadosh Yeshuat Israel, atau lebih dikenal dengan Kongregasi Ibrani dari New Port nulis surat sambutan terhadap terpilihnya George Washington sebagai Presiden pertama Amerika Serikat.

Surat yang ditulis Seixas ini nggak semata-mata sambutan terhadap Presiden baru, tapi juga memberitahu penderitaan warga yahudi di Newport yang selama ini menderita karena perang revolusi.

Seiring membaiknya perekonomian Newport, George Washington melakukan kunjungan seremonial pertamanya. Saat itu diketahui ada 300 yahudi yang tinggal di Newport. Newport menjadi rumah yang aman bagi yahudi, walaupun mereka tidak mendapat kesetaraan politik.

Tidak lupa, dalam suratnya Seixas juga mengingatkan George Washington, sebagai Presiden pertama yang dipilih oleh rakyat untuk dapat melindungi "hak-hak" setiap warga negara.

Surat Seixas ditutup dengan kalimat "Malaikat menjanjikan nenek moyang kita padang gurun tanah" dan George Washington diharapkan dapat memberikan tanah tersebut. Tanah itu adalah tanah Yerussalem.

Surat dari Seixas ini kemudian diterima oleh George Washington dengan baik. Inilah yang nantinya menjadi awal mula adanya yahudi di tanah yerussalem, atau yang saat ini lebih dikenal dengan Israel.

Jadi kalau ditanya, kapan diaspora yahudi pertama kali di Amerika? jawabannya ya bersamaan dengan datangnya Columbus di benua Amerika.





You Might Also Like

5 komentar

  1. trima kasih bermanfaat,jadi ane dapat sedikit mengetahui sejarah.

    ReplyDelete
  2. Akhirnya tahu sejarah datangnya yahudi, artikel ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan ☺

    ReplyDelete
  3. Arigatou,,, menambah wawasan baru nih.

    ReplyDelete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"