Media Massa: Pengertian dan Perannya Dalam Pembangunan Nasional

Pict credit to Libguides

Pengertian dan Ragam Media Massa

Media massa menjadi populer akhir-akhir ini, mengingat peran media massa dirasa semakin penting dalam kehidupan kita. Bahkan David dan William (2002) dalam bukunya yang berjudul Media Society menyatakan bahwa;


media menjadi bagian yang mendasar terutama pada masa ini. Media massa juga telah menjadi institusi yang dominan dalam sebuah lingkungan sosial sekarang ini yang sedikit banyak telah dapat menggeser pengaruh dari agama dan juga sistem pendidikan yang mana merupakan institusi yang telah jauh lebih dulu ada dibanding media massa itu sendiri.

Media massa  berasal dari bahasa yunani yaitu “medium” yang berarti berbagai sarana untuk menyampaikan ide-ide, gagasan, dan perasaan. Artinya media adalah sarana yang mampu mengkomunikasikan hampir segala aspek mengenai aktivitas mental manusia. 

Massa sendiri berasal dari daerah Anglosaxon, yang merujuk kepada segala hal baik itu sarana maupun instrumen yang dalam hal ini terarah kepada semua pihak, dengan kata lain yaitu bersifat massif.

Ditinjau dari definisi tersebut, maka media massa bukanlah merupakan suatu alat yang baru. Di Indonesia sendiri media massa bahkan telah ada sejak Indonesia masih berbentuk nusantara. Saat itu banyak pedagang dari China, Arab, dan India datang ke Indonesia yang tujuannya bukan hanya untuk berdagang tetapi juga untuk berdiaspora ke nusantara. 

Cara mereka berdiaspora adalah dengan menggunakan wayang. Wayang pada masanya dianggap instrumen atau sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi maupun berbagai pesan untuk kemudian disampaikan pada masyarakat umum. 

Seiring berjalannya waktu, kesenian semacam itu berkembang semakin pesat, melahirkan berbagai kesenian dan sekaligus media massa yang cukup efektif saat itu seperti lawak, lenong, dan lain sebagainya. Itulah yang kemudian disebut media massa tradisional.

Dewasa ini, teknologi yang ditemukan semakin beragam, dan semakin canggih. Sarana-sarana penyampai informasi seperti wayang sudah tidak banyak lagi digunakan. Setiap orang dapat menjadi aktor penyebar informasi melalui berbagai sarana modern yang dimilikinya. 

Sarana penyampai informasi sekarang ini terlihat jauh lebih efektif, karena didukung dengan teknologi yang maju juga. Berikut berbagai sarana penyampai informasi sekarang ini, yaitu ; media massa cetak dan media massa elektronik. 

Seperti koran, televisi, tabloid, bahkan pada abad 20 ini ketika hampir semua kalangan dapat mengakses internet, media massa yang mencoba menyampaikan informasinya secara streaming melalui internet semakin menjamur.

Fungsi dan Peran Media Massa


Media massa memiliki fungsi yang beragam. Jika meninjau perjalanan panjang media massa di Indonesia terutama pada masa pemerintahan Soeharto, terlihat jelas perjuangan media massa mencoba meningkatkan fungsinya. 

Pada masa Soeharto terutama, fungsi media massa hanya sebatas pemberi informasi saja, karena pada saat itu media dibawah kontrol pemerintah. Selain memberikan informasi, media pada saat itu juga memulai perannya dengan mengedukasi masyarakat melalui acara-acara televisi yang dibuat, misalnya saja mengedukasi masyarakat bagaimana cara bercocok tanam yang baik, mengenai program keluarga berencana, dan lain sebagainya. 

Hal tersebut menunjukkan bahkan saat fungsi media massa masih terbatasi oleh pemerintah, perannya dianggap cukup penting, terutama dalam mensosialisasikan berbagai program pemerintah sehingga program-program tersebut dapat berhasil.

Terbukti program keluarga berencana yang terus disosialisasikan dengan gencar pada masa itu baik melalui media massa maupun berbagai program pemerintah lainnya sedikit banyak mampu merubah paradigma masyarakat yang tadinya “banyak anak banyak rezeki” menjadi “dua anak lebih baik” seperti moto keluarga berencana sekarang. 

Belum lagi peran media massa dalam mensosialisasikan bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan berbagai hal lain berkaitan dengan pertanian, dimana saat itu pemerintah memiliki program REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun). 

Salah satu tujuan capaian program tersebut adalah swasembada beras. Bukt-bukti tersebut menunjukkan bahwa meskipun fungsi media masih sangat sempit namun perannya terhadap pembangunan nasional tidaklah sesempit fungsi yang dapat dijalankannya.

Sekarang ini fungsi media massa semakin luas, mengingat adanya kebebasan arus informasi dan Indonesia sejak tahun 1998 telah mendeklarasikan dirinya sebagai negara yang menganut sistem demokrasi. 

Fungsi media yang profesional dianggap menjadi salah satu hal yang paling fundamental yang dapat mendukung terjadinya kestabilan dalam sistem demokrasi dewasa ini[4]. Terkait hal tersebut, jika sistem demokrasi di suatu negara stabil maka pembangunan di negara tersebut akan mengalami peningkatan yang signifikan, baik dalam bidang pembangunan ekonomi, pembangunan karakter bangsa, pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana. 

Karena adanya kepercayaan dari masyarakat kepada pemerintah untuk mengelola anggaran negaranya yang merepresentasikan kepentingan masyarakat. Disini peran media sangat besar terutama dalam membentuk paradigma di suatu lingkungan sosial. Peran media sendiri sampai saat ini masih menjadi perdebatan yang serius.

Beberapa pengamat mengatakan bahwa media merupakan watchdog bagi berbagai kebijakan pemerintah yang kemudian berfungsi yang menjembatani antara kepentingan masyarakat dengan pemerintah. 

Dengan demikian, peran media juga berkembang menjadi salah satu preassure group bagi pemerintah yang dapat menekan pemerintah untuk melakukan agenda-setting mengenai berbagai isu yang berkembang di masyarakat. Dengan adanya peran tersebut diharapkan pemerintah dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam membangun bangsa ini.


Bahan Bacaan;

Croteau, David dan William Hoynes. 2002. ‘Media/Society: Industries, Images, and
 Audiences’., London : Pine Forge Press.







You Might Also Like

1 komentar

  1. Yah,, benar sekali wayang cara paling efektif untuk menyampaikan informasi, seperti Sunan Kalijaga yang menyampaikan cerita wayang yang bernapaskan islam.

    ReplyDelete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"