European Union Commission (Komisi Uni Eropa)

Pict credit to Huffington Post

Ngomongin Eropa, pasti nggak jauh-jauh dari European Union (EU) dong, salah satu organisasi negara terbesar dan paling sustain diantara organisasi negara lainnya. 

Nggak kaya organisasi negara kebanyakan, EU ini sifatnya supra-nasional. Artinya, negara-negara anggota EU menyerahkan sebagian kedaulatannya kepada badan/lembaga yang ada diatasnya, dalam hal ini ya EU dong.

Lho emang bisa negara menyerahkan sebagian kedaulatan ke badan/lembaga lain? bisa, kenapa nggak? 

Kenapa negara-negara anggota EU dikatakan menyerahkan sebagian kedaulatan negaranya? karena mereka bahkan nggak cuma bergabung untuk memperkuat perdagangannya tapi juga dalam hal kebijakan moneter. Buktinya mereka pakai Euro sebagai mata uang tunggal (eurozone), walaupun nggak semua negara mau pakai Euro, kaya Inggris. 

Dimana-mana kebijakan moneter itu hak preogatif negara, ini malah diatur dan EU punya institusi untuk mengatur kebijakan moneter anggotanya (ini cuma salah satu contoh). Makanya, EU dikatakan sebagai organisasi supra-nasional. 

Mereka juga menerapkan yang namanya Schengen Area yang menjamin para penduduk bisa bergerak bebas dari satu negara ke negara lain (Sesama anggota EU) walaupun lagi-lagi nggak semuanya setuju dengan ini. Tapi misal kalian tinggal di Prancis dan pengen beli indomie di Belanda, kalian nggak perlu repot bikin visa selama kalian punya visa schengen sih, tinggal naik kereta api, belanja deh, udah dapet barang terus pulang. 

Tapi jangan coba-coba beli indomie atau sekedar beli bawang ke Inggris, Siprus, Bulgaria, Rumania, dan Kroasia karena mereka termasuk dalam negara yang nggak meratifikasi schengen area dan menerima visa schengen. 

Oke back to the topic

Siapa yang mengatur EU?

Pict credit to: wildernessofpeace

Siapa hayo kira-kira? Jadi ada tiga badan yang mengatur EU? Nah ini dia ternyata  lembaga-lembaga yang mengatur;

EU Council

Dewan Uni Eropa atau bahasa kerennya European Union Council, isinya ada apa aja? ada gehu, risol, kasih cabe. Ya nggak lah. 

Anggota EU council itu ya representasi dari setiap negara anggota EU yang dipilih oleh masyarakat. Tugasnya mengajukan dan membuat peraturan. Siapa yang memimpin dan mengadakan? ya anggota EU council dong, mereka biasanya bergantian memimpin EU council setiap enam bulan sekali.

EU Parliement

Kerjaannya ya mendiskusikan dan menyetujui RUU yang diajukan oleh EU council. Anggotanya dipilih setiap lima tahun sekali.

EU Commission Staff

Jadi ini adalah badan terakhir, kerjaannya ya memastikan hukum yang sudah disetujui sama parlemen bisa diimplementasikan dengan baik, dan memastikan juga anggota EU nggak ada yang melanggar peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan. 


Source:
The Balance

You Might Also Like

0 komentar

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"