Penemu Pesawat Terbang dan Perkembangannya


Awalnya saya bingung juga, sejak kecil sering sekali melihat sebuah benda (terlihat) kecil terbang jauh di atas awan, dengan suara yang nyaring… beberapa kesempatan benda tersebut melayang tidak begitu jauh dari kita.. ah.. saya baru sadar bahwa benda terbang itu cukup besar.. lama-lama saya tahu bahwa benda terbang tersebut di beri nama pesawat terbang.. dan semakin tahu pula betapa besar pesawat tersebut..
Lalu pertanyaan saya beranjak dari sekedar bentuk, tetapi pada siapakah orang pandai nan jenius yang menciptakan pesawat tersebut? Siapa yang menginspirasi dia membuat pesawat?...

Karena zaman makin canggih… kita sudah mulai memasuki dunia yang lintas batas terutama dengan adanya internet dan dengan melalui perantara search engine.. akhirnya saya mencoba sedikit mencari tahu soal pesawat.. (terlebih ada alasan lain yang lebih kuat yang mendorong saya membaca mengenai pesawat terbang dan juga dalam rangka menepati janji yang telah begitu lama belum dapat saya tepati)

Baiklah, kita mulai flash back ke beberapa tahun belakangan bahwa industry transportasi pesawat terbang sekarang ini disadari merupakan sector penting terutama untuk memudahkan arus perpindahan masyarakat dari suatu belahan dunia atau wilayah ke bagian lainnya… tertutama untuk Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan.. industry pesawat terbang sangat berkembang di daerah Kalimantan bahkan Papua (jasa penyewaan pesawat pribadi) untuk memudahkan laju kerjasama di sana, terutama karena disana merupakan daerah yang cukup sulit ditempuh melalui jalan darat dan laut, maka industry jasa penyewaan ini cukup menjadi industry yang menggiurkan.. belum lagi sekarang banyak juga maskapai-maskapai besar yang ditempatkan di berbagai kota besar untuk melayani penerbangan ke berbagai tujuan wilayah demi mendapatkan sesuatu yang disebut “efisiensi dan efektifitas waktu”… banyak lagi keuntungan yang dihasilkan dari perkembangan transportasi udara...

Mengintip ke beberapa abad ke belakang.. lebih jauh lagi saya merasa heran, ko bisa-bisanya mereka menciptakan alat transportasi seperti pesawat terbang, apakah terinspirasi dari burung atau terinspirasi saat bermain layang-layang.. bisa jadi!!

Oke.. sebelum kita melongok pertanyaan utama, yaitu “mengapa pesawat bisa terbang?”, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu siapa dalang dari pembuatan pesawat hingga akhirnya berkembang seperti sekarang ini…

****
Ada beberapa versi yang pendapat mengenai pesawat terbang.. bahkan ada yang berpendapat pesawat terbang ditemukan sejak tahun 250M silam, tentu saja pendapat ini bukan tanpa dasar, pernyataan tersebut terlontar karena para ilmuwan menemukan gambar-gambar mirip pesawat pada balok-balok atas penyangga langit-langit di sebuah ruangan kuil Kerajaan Mesir Kuno.
                                                                             

 selain itu nih.. pada tahun 1989 ternyata juga ditemukan sebuah replica pesawat yang memiliki kemiripan bentuk dengan pesawat modern sekarang ini di sebuah maqam kuno di daerah Squarra.

Tanpa bermaksud SARA, tapi saya sangat bangga.. kejayaan Islam dahulu memang tidak dapat dipungkiri.. Islam pada masa jaya-nya memang memiliki banyak Ilmuwan yang menginspirasi banyak ilmuwan barat, dan berbagai penemuan yang sampai saat ini masih terpakai, ya kita sering mendengar Aljabar.. dalam kasus ini.. sayang kalau sampai kita tidak mengetahui nama Abbas Qasim Ibnu Firnas yang dikenal juga dengan nama Armen Firnas (810-888M)... beliau adalah orang pertama yang melakukan pendekatan sains yang mempelajari proses terbang.
                                                                           

Beliau adalah ilmuwan pertama yang memperkenalkan sebuah parasut terbang pertama, yang di perkenalkannya melalui sebuah percobaan yang beliau lakukan di menara Masjid Mezquita di Cordoba. Saat itu beliau mencoba meluncur dengan sayap yang terbuat dari jubah yang disangga oleh kayu, saat itu penemuannya berhasil, beliau berhasil terbang dan mendarat walaupun dengan mengalami cidera ringan.. kemudia pada 875M beliau juga menyempurnakan penemuannya dengan menemukan sebuah mesin terbang, walaupun pada percobaannya kali ini beliau tidak mendarat dengan cukup baik, beliau terhempas bersama pesawatnya, hal ini dikarenakan mesin buatannya masih kurang sempurna dalam segi bentuknya.[2]
                                                                      
Kemudian percobaan tersebut terus menerus berkembang, dan seabad silam Wilbur Wright dan Orville Wright berhasil menerbangkan sebuah pesawat kecil di daerah North Carolina, meskipun hanya berdurasi 12 menit. Banyak sekali percobaan yang mereka lakukan sampai akhirnya pada 1903 mendekati sempurna, mereka membuktikan bahwa mereka dapat menerbangkan pesawatnya sampai Prancis dan bahkan melakukan berbagai gerakan akrobatik di udara. Penemuan mereka ini terinspirasi dari cara burung mempertahankan keseimbangannya di udara dengan menggunakan sayap. Kemudian pada tahun 1947 terjadi kemajuan yang sangat berarti, seorang pilot asal Amerika berhasil menerbangkan pesawat melebihi kecepatan suara.



[1]Untuk lebih jelas silahkan kunjungi situs http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/97-sejarah-ditemukan-pesawat-terbang, di akses pada tanggal: 18/4/2013, pada pukul: 4:31.
[2] Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs http://chost74.blogspot.com/2012/03/bapak-penemu-pesawat-terbang.html, diakses pada tanggal: 18/04/2013. Pada pukul: 4:42.

You Might Also Like

8 komentar

  1. nama daerah nya kitty hawk north carolina,sukses terbang perdana pada tanggal 17 Desember 1903 >.<
    sebelum nya juga banyak yg sudah mencoba ,ada 7 penemu sebelum mereka yg saya tahu,diantaranya :
    1. karl friedrich meerwein pada tahun 1781
    2. joseph and Etiene montgolfier pada tahun 1783
    3. pada tahun 1800 ditemukan balon udara hidrogen
    4. pada tahun 1800 juga tp lupa :p
    5. lupa :p
    6. george cayley 1852
    7. countferdinant 1900
    8. baru si wright brother

    CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kok diapus? emg komen apaan dah?
      -..-

      Delete
  2. makasih masukannya.. nanti saya edit dan tambahkan..

    ReplyDelete
  3. mana nih kelanjutan nya??
    #garug2 tembok

    ReplyDelete
  4. yang di piramid itu bukan gambar/hierogliph pesawat/helicopter. itu cuma hurf yg rusak, jatohnya jadi mirip helikopter bos.
    maaf klo salah. kesempurnaan hanya milik Tuhan.
    anonymous juga aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap bosquee.. nanti di edit haha thank youuu

      Delete

semoga bermanfaat
mohon kritik dan saran yang membangun ya :D
"sharing is caring"